cara memasang komstir dengan baik
kali ini admin membahas msalah komsetir
pada motor baik masalah yang timbul cara penangananya atau pun pemasangan
jika musti di ganti.
untuk poin pertama admin bahas tentang masalah yang sering terjadi pada komsetir
untuk poin pertama admin bahas tentang masalah yang sering terjadi pada komsetir
·
stang kemudi berasa berat untuk di belokan kekanan ataupun ke kiri
·
pada saat berkendara stang kemudi susah untuk lepas tangan
·
kadang timbul bunyi2 semisal kretek2, krutuk2 dll
Cara Mengatasi :
·
buka body motor bagian sayap / dada atau bagian yang menutupipangkal setang
kemudi (untukk matik / bebek) kalo untuk motor kelas sport turing
(tiger,gl,vixion dll ) tidak perlu membuka body
·
dua mur pengunci pada pangkal kemudi di kenduri secara bersama2, bisa
menggunakan tracher atau obeng mint berukuran jumbo kemudian di ketok pake palu
·
kemudian di kencangin mur bawah dari dua mur tadi yang sudah di kendorin
secara perlahan sambil setang kemudi di belak belokan sampe berasa pas
·
jika sudah pas atau sesuai keinginan, sobat kencangin mur atas letaknya
berhimpitan dengan mur bawah tadi yang sudah sobat kecengin menggunakan tracher
atau obeng mint sampe berasa kencang tsedikit memaksa, tetapi stang kemudi pada
posisi diam alias jangan di gerakan kekanan dan kekiri....
·
kemudian mur bawah tadi di kendorin sedikit dan di sesuaikan dengan
keinginan (stang kemudi di bikin enteng atau sedikit berat ), pada saat
ngendorin mur bawah posisi mur atas jangan sampe ikut bergeser.
cara mengganti jika memang setelah melewati tahap mengatasi masih belum ada
kenyamanan di dapat,,
·
lepas kepala baby dari shok
·
copot ban
·
copot spakbord
·
buka body yang ada di sekitaran setang kemudi
·
lepas baud pengait stang kemudi yang biasanya baud 14 dan copot stang
kemudi
·
lepas kedua mur ( mur setelan komstir )
·
copot kebaha segitiga +shok
·
lepas mankuk komstir yang ada pada rangka motor ( atas +bawah ) menggunakan
obeng jumbo/bekas as roda atau menggunakan konci T 8,10,12,14,
·
lepas juga mangkok komstir yang ada pada segitiga
·
kemudian pasang mangkok baru di segi tiga tadi atau pun yang ada pada
rangka motor
·
pasang gotri (bola2 kecil dari besi biasanya sudah satu paket saat
pembelian )
·
kasih stemfet yang cukup, selain sebagai perekat bola2 saat pemasangan juga
nantinya berfungsi sebagai pelumas
·
pasang segitiga pada rangka motor kemudian mur stelan juga di pasang
·
pasang satang kemudi spoakbor dan roda juga kepala baby
·
mulai menyetel untuk caranya bacadiatas cara mengatasi
·
jika sudah ready, sobat uji coba dulu dan jika sudah oke, pasang semua (
body2 yang tadi di lepas..
okeh itu sedikit jabarang mengenai stang kemudi pada motor,, admin
sudah praktekan ke ratusan motor,, mudah2an bermanfaat, atas apa yang admin
ulas diatas...
selamat mencoba...
oh iya ada yang kelupaan
ketika mengencangkan baik menggunakan trackher maupun menggunakan betel,, musti hati hati ya sob,,,, karna jika terlalu kencang stang kemudi akan berat baik kekanan maupun ke kiri yang ada semua pelor akan aus terkikis alhasil cepat oblag tuh stang kemudi,, dan jika terlalu kendur ya sangat 2 tidak bagus karna selain pelor terkikis juga bisa di mungkinkan mudah pecah..
selamat mencoba...
oh iya ada yang kelupaan
ketika mengencangkan baik menggunakan trackher maupun menggunakan betel,, musti hati hati ya sob,,,, karna jika terlalu kencang stang kemudi akan berat baik kekanan maupun ke kiri yang ada semua pelor akan aus terkikis alhasil cepat oblag tuh stang kemudi,, dan jika terlalu kendur ya sangat 2 tidak bagus karna selain pelor terkikis juga bisa di mungkinkan mudah pecah..
0 comments:
Post a Comment